APA SIH CONSTRUCT 2 ITU?



Buat kamu yang pengen nyoba bikin game tapi belum menguasai bahasa pemrograman, maka Construct adalah solusinya. Construct 2 atau kita singkat menjadi C2 adalah game editor 2D yang berbasis HTML 5. Dikembangkan oleh Scirra Ltd.,C2 utamanya ditujukan bagi non-programmer, yang memberikan pengalaman membuat game secara cepat dengan cara drag-and-drop menggunakan editor visual dan sistem logika berdasarkan behavior.




FITURPADA C2

“Event”dan“Behaviors”

Metode utama yang digunakan untuk membuat game dan aplikasi pada C2 adalah dengan sistem “event sheets” atau lembar event. Setiap event sheet mengandung serangkaian event, yang mana merupakan pernyataan kondisional ataupun pemicu tertetu.Saat suatu kondisi atau prasyarat terpenuhi, maka aksi atau fungsi tersebut akan dijalankan. Hal ini membuat kamu dapat menciptakan sistem program yang cukup kompleks tanpa harus mempelajari bahasa pemrograman yang rumit. Kamu cukup menggunakan operator logika semacam “AND” dan “OR”.


Dengan adanya game engine semacam C2 ini, kamu gak usah ribet lagi bikin game ataupun aplikasi yang kamu mau. Mau bikin game atau aplikasi untuk sistem operasi apapun pasti bisa. Mulai untuk aplikasi web yang dimainkan di browser semacam Google Chrome, Mozilla Firefox, IE 9+, Safari dan Opera semuanya bisa, bahkan untuk aplikasi android pun kini tersedia. 

Nah, kalau kamu udah selesai bikin game atau aplikasi bikinan kamu sendiri, kamu bisa meng-export-nya langsung ke beberapa marketplace, termasuk Facebook, Chrome Web Store, Firefox Marketplace, Scirra’s Arcade, Kongregate, bahkan Playstore.
Jadi, tunggu apalagi? Ayo keluarin kreatifitas kamu!!!

Berikutnya, kita akan bahas tutorial dalam menggunakan game engineC2 ini!!!

Previous
Next Post »