4 Jenis Ramen Paling Populer Di Jepang


Buat para penggemar negeri Jepang, siapa sih yang gak tau ramen? Sajian mie khas negara Jepang yang banyak digemari dan mendunia ini memang paling enak dinikmati terutama saat cuaca dingin-dinginnya. Selain rasanya yang enak, salah satuhal yang membuat makanan ini digemari banyak orang yaitu terdiri dari berbagai macam pilihan rasa dan beragam jenis ramen yang lezat.


Tapi tahukah kalian ? Di negeri asalnya sendiri kurang lebihada sekitar 26 jenis ramen. Tapi, yang kalian wajib tahu ada 4 jenis ramen yang paling umum serta paling populer dan banyak digemari. Inilah 4 jenis ramen tersebut:

1.   Ramen Shio

Shio berarti garam dalam bahasa Jepang. Ini merupakan jenis ramen tertua.Dengan kuah berwarna kekuningan, Shio memiliki rasa yang lebih asin dari jenis ramen lainnya. Mie yang digunakan untuk menyajikan ramen ini umumnya adalah mie tebal yang tidak keriting dan bentuknya lurus memanjang.
Toppingnya sendiri yang digunakan dalam penyajiannya adalah potongan daging ayam, daun bawang, beberapa sayuran dan tak ketinggalan juganori.
2. Shoyu

Shoyu memilikiarti saus kecap dalam bahasa Jepang. Shoyu merupakan sajian ramen klasik yang ringan. Ciri khas dari ramen Shoyu adalah kuahnya yang berwarna hitam kecoklatan yang cerah karena terbuat dari saus kecap, serta memiliki rasa asin dan gurih.
Mie yang digunakan merupakan jenis mie yang lebih keriting dan tidak setebal mie yang digunakan pada ramen Shio. Topping paling umum yang disajikan shoyu ramen adalah rebung, nori, ikan kue, telur rebus, daun bawang dan juga taoge.
3. Miso

Ramen ini merupakan sajian ramen yang berbeda dari ramen lainnya. Selain dari umurnya yang tidak setua shio ramen serta shoyu ramen yang berasal dari Hokkaido, ramen ini memiliki ciri khaskuah yang lebih kental yang berwarna kuning kecoklatan karena terbuat dari pasta miso yang dicampur dengan kaldu ayam atau ikan bahkan terkadang kaldu daging babi.
Selain rasa gurihnya lebih kuat dari ramen lainnya. Mie yang digunakan pun biasanya tebal, keriting dan tak terlalu kenyal.
4. Tonkotsu

Tonkotsu berarti tulang babi. Dinamakan Tonotsu karena ramen ini memang memiliki kuah yang terbuat dari tulang babi.Memiliki ciri khas kuah berwarna putih dengan tekstur yang kental. Kuahnya yang berwarna putih terbuat dari tulang babi yang direbus selama berjam-jam sehingga menghasilkan kaldu berlemak warna putih yang rasanya sangat gurih.
Tonkotsu banyak digemari karena rasanya yang gurih dan lezat. Mie yang digunakan sama dengan mie pada shio ramen, dan biasanya ramen ini juga disajikan bersama beni shoga atau acar jahe.

________________________________________
Source : dreamersradio.com , Japan On You

Previous
Next Post »

1 Komentar:

Write Komentar
Deaz99
AUTHOR
30 April 2017 pukul 20.06 delete

Wah ini dia makan kesukaan ku... untung tetangga resto ramen jadi bisa langsung meluncur abis baca artikel ini (mangkok ramen cimahi)

Reply
avatar