Instalasi XAMPP di Windows



Apa itu XAMPP?
XAMPP Apache web server untuk Windows adalah sebuah paket server multiguna yang mudah digunakan, XAMPP biasa digunakan untuk membuat komputer/laptop kamu menjadi sebuah server seperti layaknya server di internet. Instalasi XAMPP pada komputer terbilang sangat mudah
, jika kamu sudah menginstall XAMPP, kamu dapat merubah komputer/laptop kamu seperti layaknya server dengan mengaktifkan aplikasi XAMPPyang lalu bisa dimatikan lagi hanya dengan menutup aplikasi XAMPP tersebut. Dengan menginstall di komputer/laptop sendiri, kamu bisa membuat website sendiri tanpa perlu terhubung ke internet. Kamu juga bisa belajar membuat situs dengan XAMPP, yang nantinya bisa kamu upload ke internet. XAMPP sangat kompetibel dengan berbagai software/CMS seperti Joomla, WordPress, dll.
Instalasi XAMPP sekarang menjadi lebih mudah, tidak seperti dulu yang masuk ke dalam command prompt dulu. Tapi disini saya akan menjelaskannya bagi yang benar-benar baru tahu XAMPP.
Paket XAMPP Apache ini berisi software – software untuk keperluan seperti layaknya memiliki website di internet. Aplikasi software tersebut meliputi Apache (server Apache), MySQL (Database Server), PHP (program bahasa PHP), phpMyAdmin (administrator untuk database), tomcat dan FileZilla FTP untuk transfer file antara komputer ke server atau sebaliknya.
Instalasi XAMPP
Sekarang, yuk kita mulai melakukan instalasi XAMPP :
·         Pertama, downloadterlebih dahulu file instalasi XAMPP untuk Windows dari “http://www.apachefriends.org/en/xampp-windows.html”.


·         Pilih OS yang sedang anda gunakan (dalam kasus ini yaitu windows), dan klik tombol download. File installer ini berukuran sekitar 130mb~
·         Setelah proses pengunduhan selesai, double click file installer XAMPP untuk memulai instalasi.
·         Saat muncul box pilihan Program Language, biarkan secara default tanpa kamu perlu uah sedikitpun. Cukup klik next.
·         Tunggu beberapa saat hingga proses unpacking selesai.
·         Setelah proses instalasi selesai, uncheck box yang bertuliskan “Learn more about Bitnami”, karena itu hanya akan membawa kamu menuju halaman web tentang bitnami. Bila sudah, klik finish.
Menjalankan XAMPP
Jalankan aplikasi XAMPP, Kemudian klik tombol “Start” pada bagian modul “Apache” dan “MySql” untuk menghidupkan Server Apache dan Database MySql pada komputer. Bila saat menghidupkan Apache terdapat peringatan “DiBlokir oleh firewall” atau “Blocked by Windows Firewall” ini karena aplikasi tersebut belum didaftarkan ke firewall Windows, cukup klik tombol “unbloked“. Jika sudah berjalan, kamu akan melihat tulisan running seperti pada gambar.

Untuk mengecek apakah XAMPP sudah berjalan, kamu bisa mengetikkan “http://localhost“ pada browser kamu. Jika browser menampilkan gambar seperti di bawah ini, artinya kamu sudah menginstal XAMPP dan XAMPP berjalan dengan baik dan benar.

Kamu juga bisa mengetik “http://localhost/phpmyadmin” pada browser untuk mengakses Database MySql dengan tampilan grafik untuk mengatur “Pengguna” / “Password”
Setelah proses instalasi selesai dan XAMPP berjalan dengan baik, kamu sekarang dapat menambahkan atau merubah file-file di “c://xampp/htdocs” dengan file-file website, atau bisa juga pada folder tersebut menginstall CMS Joomla maupun WordPress sesuka hati.
Previous
Next Post »